Selasa, 03 Januari 2012

Kompetensi terhadap sebuah jabatan

Manajemen Sumber Daya Manusia di rumah sakit adalah salah satu bagian terpenting dalam sebuah rumah sakit. Karena didalam rumah sakit, membutuhkan SDM yang berkompeten. Hal itu disebabkan karena rumah sakit merupakan sebuah usaha/kegiatan yang bergerak dibidang jasa pelayanan.
Kompetensi adalah karakteristik dasar seseorang yang mempengaruhi cara berpikir dan bertindak, membuat generalisasi terhadap segala situasi yang dihadapi, serta bertahan cukup lama dalam diri manusia.
Elemen-elemen pembentuk kompetensi :
  1. Motif (motive), sesuatu yang secara konsisten dipikirkan/dikehendaki oleh seseorang yang selanjutnya akan mengarahkan, membimbing, dan memilih suatu perilaku tertentu terhadap sejumlah aksi atau tujuan.
  2. Karakter Pribadi (traits), karakteristik fisik dan reaksi/respons yang dilakukan secara konsisten terhadap suatu situasi/informasi.
  3. Konsep Diri (self concept), perangkat sikap sistem nilai atau citra diri yang dimiliki seseorang.
  4. Pengetahuan (knowledge), informasi yang dimiliki seseorang terhadap suatu aspek tertentu.
  5. Ketrampilan (skills), kemampuan untuk mengerjakan serangkaian tugas fisik atau mental tertentu.
Motif, karakter pribadi, dan konsep diri dapat meramalkan suatu perilaku tertentu yang ada, pada akhirnya akan muncul sebagai prestasi kerja.


Jenis-jenis kompetensi
  • Kompetensi Ambang (threshold competencies), kriteria minimal dan esensial yang dibutuhkan/dituntut dari sebuah jabatan/pekerjaan dan harus bisa dipenuhi oleh setiap pemegang jabatan.
  • Kompetensi Pembeda (Differentiating Competencies), kriteria yang dapat membedakan antara orang yang selalu mencapai prestasi kerja superior dan orang yang prestasi kerjanya rata-rata.
Profil Kandidat ialah menjelaskan kompetensi yang harus dimiliki oleh calon/kandidat untuk mengisi sesuatu jabatan, juga menetapkan aspek-aspek lainnya yang harus dipenuhi.
Sebuah Profil kandidat berisi :
  1. Persyaratan kompetensi teknis, untuk tiap jabatan ditetapkan tingkat pendidikan terendah yang harus dimiliki calon/kandidat pemegang jabatan.
  2. Latihan yang harus/pernah diikutin, sebagai sumber bagi pengetahuan dan keahlian/ketrampilan kandidat yang diperoleh setelah lulus sekolah.
  3. Pengalaman yang harus dimiliki, sumber bagi pengetahuan dan pengalaman tambahan yang dapat diperoleh seseorang.
  4. Dorongan (motive), untuk menunjukkan minat pada pergaulan sosial, mau belajar, dll.
  5. Sistem nilai dan sikap, intisari dari budaya perusahaan.
  6. Kepribadian (personality), orang seperti apa/bagaimana yang diperlukan dan dianggap tepat untuk suatu jabatan.
  7. Pengetahuan (knowledge), dapat berupa pengetahuan teknis, umum, bisnis, manajemen, dsb.




-afrizah-
sumber : diktat manajemen SDM RS by Dr. Herqutanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar